Tips Cara Membuat Pondasi Rumah Yang Kuat

Dalam membuat model rumah minimalis atau bangunan apapun, dibutuhkan pondasi yang kuat sehingga pondasi tersebut bisa menahan beban dari bangunan tersebut dan bisa menjadi penopang utama dari struktur bangunan.

tips-cara-membuat-pondasi-rumah-yang-kuat

Pasalnya tanpa pondasi yang kuat dan kokoh, bangunan tersebut juga akan menjadi sebuah bangunan yang kurang layak untuk digunakan dan tidak akan kuat menahan beban. termasuk dengan menggunakan bata ringan maupun bata merah untuk temboknya.

Sayangnya meski banyak yang sudah mengetahui betapa pentingnya pengaruh pondasi, namun tak sedikit juga yang membuat pondasi rumah dengan asal-asalan dan tak memenuhi standar sehingga dapat menopang bangunan dengan kuat dan kokoh.

Hal itu akan mengakibatkan struktur bangunan yang didirikan di atasnya menjadi tidak kokoh, bertahan lama dan sesuai dengan standar kekuatan bangunan.

Oleh karena itu, untuk menghindari pondasi bangunan yang tidak standar, ada beberapa tips cara membuat pondasi rumah atau bangunan yang kuat yang bisa diterapkan.

1. Buat Perencanaan Yang Tepat

Untuk membuat sebuah pondasi bangunan yang kokoh dan kuat, diperlukan adanya perencanaan yang tepat. Sehingga pondasi tersebut nantinya menjadi pondasi bangunan yang memadai dan mampu menahan beban struktur bangunan yang ada di atasnya dengan baik. Apalagi sebuah bangunan juga memiliki resiko mengalami peretakan yang dapat membahayakan penghuninya.

Baca juga : Mengecat Untuk Menimbulkan Motif marmer

2. Memperhatikan Kedalaman Pondasi

Karena tanpa kedalaman pondasi yang cukup, kekuatan pondasi juga akan kurang baik dalam menopang beban bangunan.

3. Kenali Jenis Material Pondasi Yang Akan Digunakan

Karena setiap jenis material pondasi memiliki karakter dan cara pengaplikasian yang berbeda-beda. Misalnya pada pondasi batu kali, dibutuhkan rasio 1:5 dari adukan semen pasir untuk membuat pondasi yang kuat.

4. Mengecek Kondisi Tanah

Sebelum membuat pondasi rumah, perlu dicek dan diperhatikan terlebih dahulu kondisi dan struktur tanah yang akan ditempati untuk membangun pondasi rumah. Pasalnya dengan mengetahui kondisi tanah yang ada akan mempermudah pemilihan jenis pondasi bangunan yang akan digunakan.

Sehingga hasilnya pun lebih sesuai dan kuat untuk bangunan atau rumah yang akan didirikan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s