Perbedaan Antara Rumah Minimalis dan Scandinavian

Ada beberapa konsep rumah yang belakangan ini cukup digemari. Beberapa di antaranya adalah rumah minimalis dan rumah bergaya skandinavian. Memiliki konsep dan sifat gaya desain yang hampir sama, membuat kedua model rumah ini sering dipadukan.

Namun meski memiliki gaya yang hampir sama antara kedua gaya tersebut, ada beberapa perbedaan antara rumah minimalis dan rumah skandinavian yang harus diketahui.

perbedaan-antara-rumah-minimalis-dan-scandinavian.jpg

Bentuk Desain

Meski rumah bergaya minimalis dan rumah bergaya skandinavian sama-sama menampilkan kesederhanaan dalam desain ruangannya, namun rumah bergaya skandinavian lebih menonjolkan sisi desain yang lebih fungsional dibandingkan rumah bergaya minimalis. Hal itu membuat rumah skandinavian memiliki nilai estetika yang lebih tinggi meski minim akan dekorasi.

Penggunaan Material

Desain rumah dengan konsep minimalis umumnya menggunakan material yang cukup beragam dan bebas. Hal ini membuat rumah dengan desain minimalis menjadi lebih tak terbatas bahan materialnya. Berbeda dengan rumah skandinavian yang cenderung menggunakan material kaca serta kayu, sehingga pilihan materialnya pun lebih terbatas.

Warna Cat Rumah

Banyak rumah minimalis yang menggunakan pilihan warna cat netral seperti putih. Demikian juga dengan rumah bergaya skandinavian. Namun, pada rumah bergaya minimalis konsep penggunaan warna netral seperti putih atau hitam tersebut bukanlah sebuah aturan yang harus diterapkan. Berbeda dengan gaya skandinavian yang harus menggunakan pilihan warna cat netral seperti putih atau hitam tersebut. Aturan penggunaan warna pada rumah bergaya skandinavian ini membuatnya memiliki kesan lembut dan kalem.

Tingkat Kesederhanaan

Gaya minimalis dan gaya skandinavian sama-sama dikenal dengan desain rumah yang menonjolkan kesederhanaan. Namun jika berada dalam tingkatan level, gaya minimalis dianggap kalah dengan gaya skandinavian. Pasalnya gaya skandinavian sangat mengedepankan kesederhanaan sehingga sering kali gaya skandinavian menyingkirkan elemen atau aksen dekorasi yang dianggap tidak terlalu diperlukan dalam ruangan.

Inspirasi Desain

Rumah skandinavian menerapkan inspirasi alam pada pengaplikasian desainnya. Sehingga furniture yang digunakan biasanya memiliki unsur alam dan bersifat sederhana. Namun pada gaya minimalis, inspirasi penerapan desainnya tak terbatas dan bisa dari mana saja. Tak heran jika rumah bergaya minimalis juga tampak lebih futuristik dan kontemporer.

jadi pilih mana rumah minimalis atau scandinavian ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s