Tips Mengelola Keuangan Anda

Jika anda seorang pengangguran pastinya anda akan mencari lowongan kerja di website lowongan kerja, tapi jika Anda merupakan seorang pebisnis, maka kegiatan mengelola keuangan merupakan hal yang pasti Anda lakukan setiap harinya. Seringkali Anda merasa sudah mengelola keuangan secara benar namun nyatanya catatan keuangan Anda sangat berantakan karena Anda mencampuradukkan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Berikut adalah tips  mengelola keuangan bisnis.

  1. Memisahkan rekening bisnis dengan rekening pribadi. Kesalahan ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pebisnis dalam skala kecil. Jangan karena usaha Anda masih kecil, Anda berpikir tidak masalah jika mencampur antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Cara paling mudah adalah dengan memisahkan rekening. Dan yang paling penting adalah bersikap disiplin dalam menerapkan pemisahan ini.
  2. Memiliki catatan keuangan bisnis. Hal yang paling mudah adalah dengan memiliki Buku Kas Masuk dan Buku Kas Keluar. Lalu cocokkan saldo uang Anda setiap harinya. Lalu catat penjualan yang terjadi, biaya-biaya yang dikeluarkan, saldo-saldo hutang piutang, persediaan dan aset yang ada.
  3. Merencanakan penggunaan uang dengan baik. Jangan menghambur-hamburkan uang meski saldo Anda dalam posisi berlebih. Sesuaikan penggunaan uang Anda dengan target yang ingin Anda capai. apalagi seperti yagn kita ketahui karir indonesia tidak selalu bersahabat dengan kebutuhan yang semakin bertambah.
  4. Lakukan putaran kas secara efektif. Bisnis tidak hanya seputar mencari keuntungan. Bisnis juga mencakup bagaimana Anda mengelola hutang, piutang, dan stok. Anda harus memperhatikan bagaimana cashfow Anda berjalan. Jika penjualan Anda melambat dan Anda memiliki stock yang segudang maka putaran kas Anda akan melambat juga. Pastikan juga Anda dapat menekan persediaan stok supaya dapat memenuhi order tanpa membebani keuangan Anda.
  5. Melakukan perhitungan keuntungan yang benar. Anda berbisnis tentu ingin mendapat keuntungan. Ketepatan dalam menghitung keuntungan sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Anda harus hati-hati dalam menghitung biaya karena bagian itu merupakan bagian yang paling kritikal.
  6. Mengontrol aset, hutang, serta kondisi modal. Anda harus memeriksa persediaan stok Anda secara berkala. Lakukan hal yang sama tidak hanya pada stok Anda namun juga pada hutang dan piutang Anda. Jika Anda tidak dapat melakukan semua hal tersebut secara sendirian, Anda dapat menggaji seorang yang memang mengerti akan hal ini.

Itu dia 6 Tips cara mengelola keuangan, bagi kamu yang belum punya pekerjaan jangan khawatir karena sekarang ini sudah ada banyak Situs lowongan kerja yang bisa membantu kamu menemukan pekerjaan impianmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s